About me

Blog

03 May 2012

Yogyakarta, Kite-Kite Dateng (Lagi) Untuk Bernostalgia Neh !

Akhirnya terlaksana juga. Berlibur bersama. Tak ada yang istimewa. Kecuali dua hal. Pertama, gaya berliburnya yang ala backpacker. Alias Gaya Orang Berlibur Seadanya. Kedua, tak pernah melewatkan setiap momentum dengan eksperimen sebagai model foto. Alias menarsiskan diri seolah Model atau Bintang Film . Kali ini mengambil tema berfoto ala Laskar Pelangi.

Maklum selama ini mereka merasa menjadi orang yang paling jarang me-nongol-kan foto diri. Apalagi sebagian backpackers kali ini adalah pewarta foto, dan kuli berita. Apalagi saat memasuki kota Yogyakarta. Rombongan dijamu teman pewarta foto yang malang melintang melayani kantor berita Agence France-Presse (AFP) dan Kantor Berita dan belakangan KBN Antara. Kloplah. Pucuk dicinta ulam tiba.

*****
Pilihan rute Semarang - Salatiga (Kopeng) - Magelang -Muntilan -Yogyakarta - Parang Tritis - Bantul - Muntilan - Magelang - Ambarawa - Semarang, salah satu alasannya adalah agar banyak yang bisa dianikmati. Mulai Kebun Strauwbery di Kopeng Salatiga. Jalur pegunungan berhawa sejuk menuju titik pandang Ngetep yang tak kalah yahud dengan jalur Gilimanuk -Lovina- Benoa di Bali.

Tentu saja setiap adegan foto menirukan cara artis berpose. Karena sedang rame- ramenya model foto ala bintang film Laskar Pelangi, maka disepakati untuk mulai latihan pose ala artis atau model.


Dilanjutkan dengan makan siang (tepatnya makan sore) di Muntilan. Sempat memutari Muntilan sekedar hunting rumah makan yang murah meriah tapi rasanya tetap nendang. Setelah makan siang selesai. Perjalanan dilanjutkan ke Yogyakarta. Tidak mampir di Borobudur. Karena obyek Borobudur pernah kita sasar sebelumnya.

*****
Setelah menemukan Puri Pangeran, sebagai tempat menginap. Yang terletak di belakang Puro Pakoealaman. Maka kesempatan digunakan untuk mandi dan melepas lelah sejenak. Selepas Isya dilanjutkan lagi. Kali ini yang disasar adalah Malioboro. Nama jalan yang bermakna Sekuntum Bunga (asal bahasa Sansekerta) menjadi tempat yang patut dinikmati. Apalagi jalan yang dibangun Sri Sultan Hamengku Buwono I di 1758 kini telah menjadi ikon Kota Budaya tersebut.

Layak dinikmati bagaimana lalu-lalang turis lokal maupun asing yang memadati pedagang souvenir. Juga orang-orang yang menikmati nasi gudeg lesehan di sepanjang selasar Malioboro tersebut. Setelah window shopping alias liak-liak doang tanpa membeli apapun, akhirnya bisa juga menikmati es krim goceng-an di sebuah waralaba cepat saji sambil nongkrong sejenak di trap entry Mall nya,




Untuk acara makan malam di pilih Gudeg Lesehan Berlian yang terletak di pertigaan Jl Gajah Mada Yogyakarta. Tepatnya berada di belakang Gedung Filem Berlian Pakualaman. terus dilanjutkan menikmati suguhan Kopi Joss. Kopi yang dimasak dengan arang kayu. dan kemudian dihidangkan beserta celupan arang bara di sisi kanan Stasiun Tugu. Lumayan hangat suasananya, terlebih di selingi acara Nyanyi Bareng pengamen jalanan dengan tema Lagoe2 Jadoel.





Tentu saja di lanjutkan dengan acara photo ala Kabayan Saba Yogyaa alias Orang Udik Masuk Kota. Lokasi yang dipilih adalah landmark Kota Yogya, yaitu Tugu. Terletak di perempatan Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jendral Soedirman, Jalan A.M Sangaji dan Jalan Diponegoro.

Tugu sebenarnya merupakan Pangeling (pengingat) Konsep Manunggaling Kawulo Gusti atau bersatunya raja - rakyat di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Setelah gempa di tahun 1867, Belanda merenovasi kembali Tugu yang hancur tersebut. Dan sejak itu Landmark KotaYokyakarta ini disebut juga sebagai De Witt Paal atau Tugu Pal Putih.




Selanjutnya. Tentu saja kembali ke Puri Pangeran di Pakualaman. Acara resminya sih istirahat. Tapi, mana mungkin? Dengan kebiasaan melekan sampai dini hari. Akhirnya ngobrolin ngalor ngidul. Sambil nyusun rencana dadakan: nengokin teman wartawan yang sempat menjadi biro internasioanal sebuah media ibukota. Perlu ditengok karena dia baru melahirkan.

*****


Pagi, setelah semua selesai mandi dan sarapan pengganjal perut dari complimentary Puri Pangeran. Langsung lanjut ngemasin barang dari kamar hotel. Check out.menjelang siang. Untuk kemudian melanjutkan perjalanan dengan menikmati Puri Pakualaman. Kemudian berpose alakadarnya sejenak. Kali ini ngajak Komandan Jaga Gapuro Puro Pakualaman.



Bereksperimen foto dimulai dengan pengambilan foto dari sudut miring cermin buram yang terletak disisi kanan Gerbang Puri Pakualaman. Sambil try and eror pose ala Lasykar Pelangi.



Dilanjutkan dengan sarapan kedua, alias makan agak siangan dikit dibawah pohon beringin kembar. Tempatnya persis terletak di sisi kiri Alun-Alun Puro Pakualaman.




Selanjutnya usai ishoma, backpakers dadakan ini menuju Tamansari. Sebuah bangunan lama diatas lahan 12.5 Ha. Dibangun atas prakarsa Sultan Hamengku Buwono I tahun 1757. Berarsitektur Barok Eropa Abad 18 dengan gaya Ottoman yang mewah. Maklum situs ini dibangun oleh arsitek asal Portugis yang pada jaman itu sedang dilanda demam arsitektur gaya barok. Tak jelas benar namanya, namun biasa disebut oleh pemandu wisata sebagai Demang Tegis.

Sayangnya, menurut rilis Unesco tahun 2004 , situs ini termasuk dalam 100 situs dunia yang paling terancam alias Most Endangedered Sites. Karenanya tak heran bila eks laut buatan-nya kini menjadi perumahan penduduk yang tak teratur. Terlebih setelah gempa melanda Yogyakarta dan sekitarnya beberapa tahun silam: Kemewahan taman sari menjadi tak bersisa sedikitpun.



Di Reruntuhan Gerbang Tamansari ini try and eror pose ala bintang Film dilakukan lagi. Dimulai dari Mulai foto gaya orang bengong di eks jendela Masjid Pendem (masjid bawah tanah), lorong antara reruntuhan, sampai lokasi shaf sholat di dalam masjid.


Perjalanan di lanjutkan ke pantai Parangtritis. Pantai yang terletak di wilayah administrasi Bantul ini merupakan pantai pesisir Laut Selatan atau Samudra Hindia. Melepas lelah sejenak setelah perjalanan sejauh 25 kilometer dari Yogyakarta, dengan Es Kelapa Muda.

Setelah itu,acara ber-narsis ria dilanjutkan. Kali ini pose ala loncat-loncat mengindari deburan ombak. Tapi hanya siluetnya saja yang di tonjolkan. Mengingat latar belakang sunset dibelakangnya mulai menguning-kemerahan.



Dan akhirnya, selesai juga. rencana mematut diri ala pemain filem yang diambil dari novel laskar pelangi-nya Andrea Herata. Silakan menikmati pose kami yang dadakan dipaksa berfoto ala cover utama filem Laskar Pelangi.



Misi selesai. Nostalgia kami pun selesai. Bukan nostalgia romantisme. Tapi nostalgia menelusuri rute saat pontang-panting peliputan Gempa Yogyakarta. Beberap tahun silam. Itu alasan utama kenapa melitasi rute emarang - Salatiga (Kopeng) - Magelang -Muntilan -Yogyakarta - Parang Tritis - Bantul - Muntilan - Magelang - Ambarawa - Semarang



79 comments:

sawa said...

wow.. ngobrol sambil romo daerah nich ceritanta... Sip... langkah jitu tuk nggabungin keduanya. Keep review gus....

chodirin said...

actionnya waktu difoto hebat euy.

wirati said...

helo laskar pelangi apa kabar?
Ikalnya yang mana toh......
Kok ga mirip sih?????
Mas......... km yang mana tuh????
hei ada award deh buat kamu tuh dari aku selamat yah.................

eeda said...

Wah kayaknya liburannya asik nih..kok gw ga diajak?

mascayo said...

saya sebenernya lagi baca cerita liburan apa sejarah yaa ... ?
wah kalo buku-buku sejarah ditulis seperti ini, jadi gampang ingetnya nih ...
kapan yaa saya jalan-jalan hehehe...

meme story said...

jogja ngga ada matinya...

nita said...

kayaknya seru juga. foto2nya juga bagus. kenarsisan yg tak sia2...he3x

Blogger Addicter said...

hohoho..photo nyang sunset paling bawah keren banget suhuuuu..suka kali liat itu saya..hehehe..

enak nie liburannya kang gus..hmm perlu nie refreshing juga nie kayanya..hihhi..jadi ngiri..xixixixi

aniwai buswai..kok mba eeda ndak ada yah..mana yah tmn saya nyang kompakan ngeblank kang..??wekekek..

—¤(rida)¤— said...

kapan.. para blogger bisa ngadain liburan bareng..??
mungkin mas gus bisa jadi MAN OF IDE..?!

Hellen Werinusa said...

Oalaaaah.... Jd yg foto2 di tugu ìtu salah satunya mas gus to? Kog waktu itu saya ga kenal ya padahal saya kebetulan lagi lewat situ. *ngarang.net*
Seru banget ya, tapi kog masuk yogya ga ngijin saya dulu?
N.b. Foto2nya top markatop.
Jadi pengen jalan2 juga jadinya neh..

Duan said...

lokasinya mantep mas gus,..:)

belly wijaya said...

dua jempol buat kualitas fotonya Suhu..
angle sama sunsetnya bagus! gak gampang bikin foto kyak ini... keren!

Bunda Rierie said...

ha.ha. fotonya keren2..tapi pa harus bersedekap gitu tangannya ya??

bunda juga mau ke yogya hari minggu ini.... mau nyontek2 tempat 2 wisatanya ahhh

Jonbetta said...

Aduh asiknya ya..saya suka dengan foto-fotonya..ituloh gaya-gayanya Uasik buanget...kayak..Foto model...sekali-kali ajak dong para bloger...

Anak Muda said...

Keren photonya walaupun keliatan kurang mirip gaya para Artis ha..ha..(canda)

Lam Kenal Mas Gus

JoVie said...

wah..gile fotonya bagus2 banget terutama yang loncat-loncat itu....diterangi sun set....wow keren banget..mo ak co past akh.
btw, foto ala laskar pelangi juga keren banget Beh....

tapi, foto babeh yang mana?? kan kangeeeen...:((

masarif said...

sayang saya belum lihat laskar pelangi. Pasti kalau sudah lihat bisa tau mana yang mirip si lintang, andrea atau mungkin bu Mus. P Gus, mirip siapa?

Nenad Mohamed said...

Mas..jadi pengen ke Jogja neh..Btw,phot nya bagus2.. sama kayak yang dibilang Jovie,yang loncat2 pake background sunset itu..

edratna said...

Wahh asyik ya.....gaya artis ehh wartawan yang jadi artis bagus....bisa saingan nih.
Foto-fotonya indah.....

Erik said...

Wah seru nih postingnya, fotonya juga bagus dan menarik... apalagi gayanya tuh..

gus said...

Untuk Jovie, adicter
masak seh ga tau mana babeh ? yang cakep ndiri ntuh...

kRucIaL said...

waduh...
seru sepertinya mas, maw ikut... hahahha...
duh pose ala laskar pelanginya ga nahan...

dian said...

Hebat, foto-fotonya hampir mirip seperti pada saat pengerjaan video clip...

audy said...

wah pas liat foto kecilnya...ketipu d gw hehehe..kirain foto laskar pelangi beneran, pas liat yang gedenya...hehehehe... trus tu foto loncat2 di pantai..kereen asliii...

gus said...

For Kang Adicter:
Di foto yang adegan loncat2 dipantai itu ada mbaa eda juga kok. dia nomer 2 dari kanan...

Cebong Ipiet said...

wuickz iyah nyang paling kewren yg poto mencolot diterangi sunset....

Milla Widia N said...

wuihhhh fotonya keren bener, nemu aja ide nya :D tob dah

Qittun said...

Wau... wau...wau.. keren kang....

Saya sependapat ama kang nara dan mbak jovie.... photo nyang paling mantep.. itu..tuh photo sunset pose ala loncat-loncat mengindari deburan ombak... keren abis...

tapi kok deburan ombaknya belum nyampek, udah loncat duluan yach....hi..hi..

Betul betul Kenarsisan yang berkualitas...

Billah said...

kok ga ajak2???

Yusa Indera said...

Asik bgt nih..jalan2nya mas..foto2nya juga keren2..

GothBoi said...

Jogja emang asyik,... sayang skrg makin panas

paank Fachrezi said...

The paank Return
Wuihhh,... poto-potone koyo grup band sko ngendiiii ngono. Sip mas!
o ya lair bathin yo?

uNieQ said...

huaaaaaaaaaaaaaaa ngiri dot com huuuuuuuuuuuuuuuuuuuu cc pengennnnnnnnnnn mana fotonya keren2 pulaaaaaaaaaaaaaaa ohhh Jogjaaaaaaaa

btw makan gudeg di sekolan mataram juga enak lhoo kang :)

Benny Andhika said...

wah seru ya kang, yang namanya berkumpul. jd ngiri.
btw, foto2nya keren. kapan nich ngeluarin album? hehe

Anthony Harman said...

Liburan yg asik banget. Btw, fotonya mirip Laskar Pelangi

Lis Indra said...

Menurut ilmu Antopologi: Itu termasuk kategori HIMAGIFO (Himpunan Manusia Gila Foto) dari Suku Anak Dalam, he..he..
Tapi Asyik Kok..!!!

herro said...

kuerenn kang potonya....

jaloee said...

wakakkak.. sy tebak yang pake kaca mata pasti kepingin mirip ical ( andre herata ) ya suhu ???


kekekekkekek.........

Harry said...

Emang mas refresingnya pasti menyenangkannya pa lagi kumpul2 bersama2, wah jadi pengen tuh

Oeoes said...

wa jadi pengen juga nih kang, asik tuh liburannya, kalu aku paling cuma tiap malam kumpul diwarung kopi, untuk liburan bersama belum kesampaian nih.hasil photo2nya juga bagus apalagi pas foto sunsetnya

nandien said...

huaaaaaaaaaaa,,,foto2nya keren :)

cahpesisiran said...

waa..
foto2nya keren abizzz
hiks hiks.. aku mo upload foto tamansari blm jd, malah dah keduluan nie.. hehe

Ardy Pratama said...

Ke jogja gak bilang2... :P Kan bsa sling mnyapa kita.. Hehehehehe...

Ada laskar pelangi, klo itu laskar apa yak? Laskar jihad? Hwkwkwkwkwkw...

nirmana said...

urutan 45, merdeka! kira2 kalo saya tau pasti kang gus ku ajak poto ala LP jg di depan kantor pos besar malem sabtunya. temen2 blogger jogja gi pada ngumpul di sana waktu itu. tp lumayan,cerita perjalanan dah komplit nikmati ultimate place in my city, ngayogyakarta hadiningrat.

Chika said...

Wah keren foto2nya....memang Indonesia banyak sekali tempat2 menarik tu, peninggalan sejarah atau alamnya...

Caroline Sutrisno said...

kerenn.. foto2nya bagus2 loh, mas. yang paling aku suka yang di parangtritis @ sunset... keren poollll...

btw, waktu foto di tugu apa ga jadi tontonan massa tuh? hihihi...

Ivana said...

NARSIIEZZZ!!hehehe..foto ala laskar pelanginya OK tuh mas...

Lyla said...

wahhh aku blm nonton samsek kok gak diajak2 sih :((

Panda said...

wah, foto laskar pelangi... :)

Pak Gus jadi siapa nih ? ikal yah :D

goresan pena said...

waduh...ga lulus jadi model nih...wong gayanya standar...tangan nya banyakan di depan dada...heheheh...ya kan?
yah, yogya memang selalu menawan jadi segala sisi...maklum, DTY alias daerah tujuan wisata kali ye...

memble said...

huwaa .. poto-potonya bikin ngirii .. pengen segera liburan.

SQ said...

Benar-benar. Fotonya menyentil Qolbu. :lol: he..he Saya paling suka lihat yang waktu di pantai. Thats Really Cool

wendra wijaya said...

Koq gak ngajak2 suhu..
Saya kan pengen ikut nampang juga, wakakakakkkkk...

Sumpah, iri banget ngeliatnya!

Taktiku said...

asyik nih pak bisa nosalgiaan di jogja

septy said...

wow... keren!!!
aku tau Jogja indah, tapi foto-foto ituh...hemmm...indah bgt!!!
two thumbs up!!!

Erik said...

Fotonya keren... difoto.. yg mana namanya gus?

tyas said...

wah,,, seru banget tripnya...
kok pas aku nggak di jokja sih...?

Judith said...

Keren kok Gus potonya, gayanya wow!
Jadi kangen Jogyakarta nih :D ..

h4riss said...

wah foto-genic semua ya, pinter gaya lg :)

nona senja said...

fotofotonya bagus, gus. jadi pengen difoto begitu juga....:)

utti said...

wuah gak pd pegel tuh foto b'diri ajah,ooh itu teh niru laskar pelangi yah :D
btw mas foto yg pd loncat itu yg yahud,asyik dah bagus beneer.;)

erwin said...

wah mantap sekale... liburan yg penuh kenangan pastinya ya mas..:D

Dhimas said...

Wah seru neeh.. Kereen..

Anang said...

foto menceritakan segalanya gus.... hebat!

thom said...

Berarti bener dun Jogja never ending asia kekekekeJogja emang ngangenin hehehe
Ane bolehikutan g nih kapan-kapan ? :D

Bangfad said...

mau donk di ajak... heheh kapan berlibur lagi...

nitip iklan yah :) tapi bukan spamerz loh www.fadlie.web.id salam kenal dari putra bayu :)

anita mui said...

Photonya bagus2..happy bgt pasti,dari raut wajah tiap model kulihat senyum yg mengembang melambangkan kebahagiaan,keceriaan de el el..jadi pingin ngadain acara gituan dechh...
tahun 2010..adakan reuni para blogger di jogya kang..biar dunia blogger makin seruuu...hheee

abang said...

Senangnya liburan bareng teman2 satu profesi. sebenernya saya punya basic jurnalistik gus, saya lulusan ilmu komunikasi universitas padjadjaran. cuma kok sepertinya nasib berkata lain, saya sekarang malah jadi blogger, menulis untuk sesuap nasi...hahaha

Jadi teringat dengan teman2 satu angkatan waktu kuliah dulu...the good old days

mochal said...

foto-fotonya kereeen.. pasti kameranya mahal... wekekekekekke...

f474r said...

Keknya Seru Tuch

DuniaPiyen said...

keren-keren.....

franciska dyah said...

Wah asik ya gaya berlibur ala backpacker, berkesan banget jadinya... :)

edisamsuri said...

wah saya juga kangen nih kang ama jogya terakhir ke sana dua tahun lalu waktu bawa muri-murid study tour

schatzi said...

pgen oi... dah 7 th gk kluar-kluar hiks... terperangkap dalam pekerjaan oi..
hiks..hiks..

ipanks said...

wakakak akhirnya jadi juga y main ke yogyakarta.hehehe btw fotonya pada narsis wakakak hohoho :D

Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 said...

jadi pengen berlibur nih :D

Astaga.com lifestyle on the net said...

Wah jadi ingat waktu di desa dulu nih!

nowGoogle.com adalah Multiple Search Engine Popular said...

Makasih infonya mas, salam kenal kalo ada waktu berkunjung ya ke blog saya.... salam

L3rry said...

Salam kenal....

Post a Comment